Pages

Sabtu, 30 Maret 2013

1900-an= kebangkitan nasionalisme !!! VS 2000-an = keruntuhan nasionalisme ???


1900-an= kebangkitan nasionalisme !!!
VS  
2000-an = keruntuhan nasionalisme ???

### 1900-an= kebangkitan nasionalime !!! ###
berbicara tentang kebangkitan nasional tentunya suatu perbincangan yang sangat luas , bahkan jika di tulis maka sudah banyak yang menulis akan hal ini.
jika berbicara tentang kebangkiatan nasional maka semua orang di Indonesia raya ini tahu bahwa tanggal 20 mei 1908 merupakan lahirnya kebangkitan nasional karena tanggal itu juga lahir suatu organisasi yang bernama Budi Utomo yang merupakan cikal bakal dari rasa nasionalisme di Indonesia ini.
mengapa demikian ? karana tujuan dari budi otomo itu sendiri awalnya untuk mensejahterakan kaum bawah,untuk kata kemerdekaan sangat lah masih jauh bahkan orang masih sangat takut mengatakan 'Merdeka '..selain itu yang memilki keinginan besar ini hanya berlaku di golongan para Priyai saja atau golongan terpelajar saja.
 lahirnya budi otomo ini sendiri ialah yang katanya merupakan akibat dari sistem politik yang dilaksanakan kolonial belanda yaitu sistem politik etis yang didalam terkandung unsur Edukasi sehingga melahirkan golongan golongan elit modern.
akan tetapi jika melihat kembali ke belakang ke beberpa puluh tahunya kesadaran nasionalisme juga telah ada terlihat pada masa dimana Sentot Ali basya yang dulunya kepercayaan pangeran Deponogoro bersedia dikirim di minangkabau ,dimana tujuan utama mau bekerja untuk kolonialisasi ialah untuk mendekati para pejuang di minagkabau terutama orang orang islam. Hal itu juga menunjukan keterikatan untuk melawan para penjajah.meskipun dalam hal sekup rasa keterkaitanya masih cukup sempit.
baiklah setelah mulainya rasa keterikatan dan memilki rasa yang sama bahkan setelah adanya budi utumo sebagai motor gerak rasa nasional meskipun awalnya hanya untuk golongan masyarakat di jawa saja hal itu cukup berhasil mnggetarkan hati para pejuang negeri ini, dan banyak organisasi lainya yang bermunculan sebagai bentuk bahwa tanah air ini sudah memilki pemikir pemikir yang hebat rasa rasa nasionalisme itu sudah tumbuh dan di perkuat pada tahun 1928 dengan adanya sumpah pemuda dan di kukuhkan pada 17 agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan RI.

### 2000-an = keruntuhan nasionalisme ??? ###
Akan tetapi khususnya pada tahun decade 2000an rasa nasionalisme negeri ini hilang yang mana tergusur oleh kemajuan zaman , banyak sekali ormas ormas yang bermunculan yang saling berlomba untuk mencari keuntungan tampah melihat kesana kesini bahwa banyak sekali rakyat Indonesia ini yang membutuhkan tangan tangan lembut dari orang orang terpelajar negeri ini, akan  tetapi apa? Apa? Yang terjadi tangan tangan lembut yang di harapka itu bagaikan berubah menjadi mafia mafia yang tidak tahu malu ,tidak tahu diri merampas hak hak mereka itu yang di kenal dengan pencuri berdasi ( koruptor ). 
Selain itu selain rasa keingin tahuan kondisi satu sama lain sudah mulai redup,  bahkan Indonesia yang katanya bagaikan miniature dunia yang memiliki beribu ribu , bahkan bertriliun triun kebudayaan seperti tidak ada gaungnya di dunia ,, bahkan yang lebihnya lagi yang mempelajari tardisi , kebudayan ,seni dll di negeri ini banyaklah orang asing yang di kenal dengan sebutan BULE .
wahai kaum muda negeri ini dimana kah letak urat malu kita ? apakah sudah putus , hilang ? tidak tahu dimana urat itu ? akan tetapi jika dikatakan itu hilang tetapi banyak sekali anak anak kecil yang di lahirkan ,,jadi urat itu tidak hilang tapi dimanakah?
Oleh karena itu jika tahun 1900an para pejuang negri ini matian matian berjuang untuk merasakan kata kebebasan , dan tahun 2000an kita kaum muda berjuang untuk mengatakan, menunjukan pada dunia bahwa kita beragam , mulai dari suku, budaya , seni dll…

                                        “”jadi rasa nasioanalisme yang harus dipupuk sekarang adalah rasa memiliki, mulai dari rasa kebersamaan dan cinta akan kebudayaan sendiri ,,””

Tidak ada komentar:

Posting Komentar