Pages

Minggu, 07 April 2013

Zaman Keemasan Dinasti di Cina "Dinasti Tang"


            
            Zaman Keemasan Dinasti di Cina "Dinasti Tang"
 
          Telah kita ketahui bahwa banyak sekali dinasti dinasi yang pernah berkuasa dan berperan dalam  kemajuan bangsa cina akan tetapi Menurut pendapat saya dinasti yang paling menonjol di Cina kuno ialah Dinasti Tang  karena Kejayaan Dinasti Tang dianggap sebagai era keemasan dalam sejarah China, masa dimana China menjadi bangsa yang terbesar dan terkuat di dunia  pada masa itu,


                                                         peta kekuasaan dinasti Tang



           puncak kejayaan Dinasti ini terlihat pada  pemerintahan Kaisar Taizong karena ia meiliki sifat      yang baik yang nantinya menjadi panutan bagi kaisar selanjutnya


lukisan gambaran kaisar Taizong


            Pada masa pemerintahan Taizong  membawa kebudayaan cina  berkembang sangat pesat terutama pada bidang seni kaligrafi. Ia mendirikan Istana Hongwen dan menunjuk para pelukis kaligrafi terkenal untuk mengajarkan para pelajar. Ia memberikan perintah bagi semua pejabat yang pangkat kedudukannya di atas tingkat kelima harus pergi ke Istana Hongwen untuk mempelajari seni kaligrafi. 
      Selain di bidang kaligrafi kebudayaan  tarian dan music juga sangat berkembang .selalin itu kebebasan untuk kepercayaan juga di di bebaskan ,baik Konfusianisme ,Taoisme dan Buddhisme. Selama era Dinasti Tang, terdapat sebuah sistem pemujaan yang lengkap kepada langit dan bumi serta para Dewa. Pada masa kekuasaan Taizong hubungan antara timur dan barat makin terbuka dan Chang-an, ibu kota Dinasti Tang menjadi kota terbesar dan termegah pada jamannya. Salah satu prestasi terkenal pada masa kini adalah perjalanan Bhikshu Xuanzang (kembali ke Chang-an pada tahun 645) untuk mengambil kitab suci Tripitaka di India, dimana perjalanan ini mengandung semangat penjelajahan yang baru menghinggapi bangsa barat sekitar 600 tahun kemudian. Rute perjalanannya mirip dengan rute Marcopolo, sehingga Xuanzang terkadang disebut sebagai Marcopolonya Tiongkok. 

                                berikut gambaran hasil kaligrafi dan lukisan masa kaisar tang. 








Kebudayaan selanjutnya semakin berkembang pada masa Kaisar  Xuanzong  (712-756 M) .Kebudayaan dan kesenian dinasti Tang makin berkibar pada masa kaisar berikutnya yang bergelar Xuanzong (712 – 756). Dimana ia juga merupakan seorang seniman. Salah satu prestasi besarnya adalah pembuatan patung lembu yang terbuat dari besi tuang, dimana patung tersebut ditemukan kembali pada tahun 1989 sejumlah empat buah. Selain itu kebijakan yang sanagt bijaksana ialah menghapuskan hukuman mati.
    
Karakter unik Dinasti Tang dapat diringkas menjadi “memiliki pemikiran yang terbuka dan luas, menggabungkan inti dari semua yang ada.” Tepatnya semangat ini lah yang telah menempa suatu budaya yang beragam secara kultural dan menjadi periode terbaik dalam sejarah China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar