Pages

Rabu, 20 Maret 2013

PERADABAN MESIR KUNO


RESUME PERADABAN MESIR
( LEMBAH SUNGAI NIL)

Nama Kelompok :
METRAHULTIKULTURA (06111004015)
DINA DAMAYANTI           (06111004019)
JAKA DEFRI ANDI             (06111004016)
DEWI AMARTA                   (06111004014)
RIFKI FIRNANDO               (06111004018)
RISTA OKTAVIANDI         (06111004017)
EFRYANDIKA HADI          (06111004013)

UNIVERSITAS SRIWIJAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
PERADABAN MESIR
( LEMBAH SUNGAI NIL)


A.    Keadaan geografis

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yaitu mencapai 6400 kilometer. Sungai Nil bersumber dari mata air di dataran tinggi (pegunungan) Kilimanjaro di Afrika Timur. Sungai Nil mengalir dari arah selatan ke utara bermuara ke Laut Tengah. Ada empat negara yang dilewati sungai Nil yaitu Uganda, Sudan, Ethiopia dan Mesir.
Setiap tahun sungai Nil selalu banjir. Luapan banjir itu menggenangi daerah di kiri kanan sungai, sehingga menjadi lembah yang subur selebar antara 15 sampai 50 kilometer kesuburan tanah di sekitar lembah sungai yang diakibatkan oleh banjir yang membawa lumpur. Hal inilah yang menarik dan mendorong perhatian manusia untuk membangun kehidupan dan peradaban.. Di sekeliling lembah sungai adalah gurun. Batas timur adalah gurun Arabia di tepi Laut Merah. Batas selatan terdapat gurun Nubia di Sudan, batas barat adalah gurun Libia. Kemudian batas utara Mesir adalah Laut Tengah.Peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Maka tepatlah jika Herodotus menyebutkan “Mesir adalah hadiah sungai Nil (Egypt is the gift of the Nile)".

B.     Awal munculnya Peradaban di lembah sungai Nil

Peradaban Mesir Kuno berkembang selama kurang lebih tiga setengah abad. Dimulai dengan unifikasi awal kelompok-kelompok yang ada di Lembah Nil sekitar 3150 SM. Desa itu disebut nomen. Dari desa-desa kecil berkembanglah menjadi kota yang kemudian disatukan menjadi kerajaan Mesir Hilir dan Mesir Hulu.




C.     Pemerintahan

Mesir adalah suatu klerajaan dengan kekeuasaan mutlak.Raja sebagai kepala negara kepala agama serta sebagai panglima perang.Rajanya bergelar FIR’AUN (pharao).Sejarah Mesir kuno di mulai sekitar 3500 SM  dan terbagi atas 3 periode
v   Mesir tua (3400-3160)
Pusat pemerintahamn Mesir kuno ialah Thinisdan kemudian pindah ke Memphis .Raja pada mesir kono yang berhasil menyatuka antara mesir hulu dan mesir hilir adalah  Raja Menes, sehingga ia di sebut Nesut- Bibit.Raja yang lain berturut turut ialah Chefu, Cheopos, Chefren dan Menkaure. Kerajaan Mesir Tua disebut jaman piramida karena pada masa inilah dibangun piramida-piramida terkenal misalnya piramida Sakarah dari Firaun Joser.Piramida di Gheza adalah makam Firaun Cheops, Chifren dan Menkaure.Raja Mesir kuno terakhir adalah raja Pepi II .setelah ia meninggal mesir mengalami kemunduran faktor faktornya antara lain
a.       Kerajaan terpecah pecah
Para bangsawan banyak yang melepaskan diri dan ingin berkuasa sendiri-sendiri. Akhirnya terjadilah perpecahan antara Mesir Hilir dan Mesir Hulu
b.      Perebutan  kekuasaan oleh para bangsawan
c.       Beban akumulatif ekonomi akibat pembuatan fondasi makan dan kuil fir’aun yang terus menerus
v  Mesir Pertengahan (2160-1788)
Kerajaan Mesir Tengah dikenal dengan tampilnya Sesotris III. Ia berhasil mempersatuakn kembali mesir hulu damn mesir hilirdan jga ia berhasil memulihkan persatuan dan membangun kembali Mesir. Tindakannya antara lain membuka tanah pertanian, membangun proyek irigasi, pembuatan waduk dan lain-lain. Ia meningkatkan perdagangan serta membuka hubungan dagang dengan Palestina, Syria dan pulau Kreta. Sesotris III juga berhasil memperluas wilayah ke selatan sampai Nubia (kini Ethiopia). . Pada masa Sesotris III, raja-raja tidak dimakamkan di piramida, tetapi firaun-firaun dimakamkan di Gua Karang karena dirasakan tidak aman. Di dalam piramida, selain terdapat mayat-mayat para Firaun, juga disimpan kekayaan dari raja itu sebagai simbol kebesaran dan keagungan raja itu.
Pada masa Raja Amenemhet III, perekonomian Mesir mengalami kemajuan yang pesat terutama dalam bidang pertanian. Bangsa Mesir mengandalkan Sungai Nil selain sebagai sarana transportasi, perdagangan, juga digunakan dan dimanfaatkan untuk pertanian. Sungai Nil yang selalu meluap sekali dalam setahun dimanfaatkan oleh para petani untuk menyuburkan lahan pertaniannya. Namun sejak tahun 1800 SM kerajaan Mesir Tengah diserbu dan ditaklukkan oleh bangsa Hyksos sehingga mesir mengalami kemunduran.

v  Mesir baru (1500-1100)
Kerajaan Mesir yang dikuasai oleh bangsa Hykos sejak 1750 SM, mencoba berkonsolidasi untuk mengusir bangsa Hykos. Bangsa Mesir di bawah Kerajaan Thebe menyerang bangsa Hykos di ibu kotanya yaitu Awiris, dan Hykos berhasil dikalahkan. Dengan demikian, sejak itu ibu kota Awiris dikuasai oleh raja-raja Thebe, dan mendirikan Kerajaan Mesir Baru. Raja-raja yang memerintah pada masa ini antara lain sebagai berikut.

1.      Ahmosis1
Ahmosis adalah Firaun yang berasal dari kerajaan Thebe yang memimpin langsung serangan ke Kerajaan Hykos. Dia berhasil mengusir bangsa Hykos dan membangun peradaban baru bangsa Mesir di ibu kota Awiris
2.      Thutmosis1
Thutmosis I adalah firaun yang berhasil melakukan perluasan kekuasaan mesir ke daerah Asia Barat.
3.      ThutmosisIII(1500-1447SM)
Pada masa kerajaan Mesir di bawah pimpinan Firaun Thutmosis II, maka sikap ekspansionis melekat pada raja itu. Mesir menyerang negaranegara Babylonia, Assyria, Cicilia, Cyprus, dan lain-lain.
4.      AmenhotepII(1447-1430SM)
Mempertahankan kerajaan Mesir yang memiliki wilayah yang luas.
5.      ThutmosisIV
Berusaha mmpertahankan kekuasaan Mesir dengan melakukan beberapa tindakan politik yaitu: a. menjalin persahabatan dengan raja Babilonia; b. menjalin hubungan dengan Firaun Mitanni; c. melakukan perkawinan politik antara Thutmosis IV dengan Putri Firaun Artatama.
6.      AmenhotepIV
Pada masa pemerintahannya, terjadi revolusi di bidang kepercayaan dan keyakinan, karena Firaun yang satu ini menentang ajaran Politheisme untuk menyembah Amon, dan dia mengajarkan ajaran monotheisme. Kebijakan Firaun tersebut menyebabkan terjadinya pertentangan antara golongan pendeta dengan pihak kerajaan. Untuk menghindari konflik itu, maka ibu kota kerajaan dipindahkan dari Thebe ke Al-Amarna.
7.      Tut-ankh-Amon
Pada masa pemerintahannya, golongan pendeta sangat berkuasa, dan kekuasaan Firaun pun dirongrong oleh para pendeta Amon di Thebe. Krisis kepemimpinan dan politik tersebut mengakibatkan Mesir mengalami kemunduran dan perpecahan kembali, Mesir terpecah menjadi kerjaan-kerajaan kecil yang saling berperang.
8.      RamsesI
Pada masa pemerintahan Ramses I, Mesir melakukan ekspansi ke daerah Palestina, dan berhasil menguasai seluruh daerah Palestina serta mengalahkan bangsa Hittit di Asia Barat.
9.       
10.  RamsesII
Pada masa pemerintahan Ramses II, bangsa Yahudi yang bermigrasi ke Mesir mendapat perlakuan yang kejam. Dia menindas dan memperlakukan bangsa Israil sebagai budak. Mereka dipaksa untuk membangun gedung-gedung serta piramida yang megah. Firaun ini mendirikan sebuah kuil yang diberi nama Ramsessum. Makam firaun ini terletak di Abu simbel. Meskipun belum selesai Ia juga pernah  memerintahkan penggalian sebuah  terusan yang menghubungkan daerah sunga NildenganLautmerah.

11.  RamsesIII
Pada masa pemerintahan Ramses III Mesir mengalami kemunduran dan dapat dikuasai oleh bangsa-bangsa Asing seperti Libia, Abbessyiria, dan Assyria. Masa Ramses II diperkirakan sezaman dengan kehidupan Nabi Musa. Mesir ditaklukkan Assyria pada tahun 670 SM dan pada tahun 525 SM Mesir menjadi bagian Imperium Persia. Setelah Persia, Mesir dikuasai oleh Iskandar Zulkarnaen dan para penggantinya dari Yunani dengan dinasti terakhir Ptolemeus. Salah satu keturunan Dinasti Ptolemeus ialah Ratu Cleopatra(66-30) dan sejak tahun 27 SM Mesir menjadi wilayah Romawi.

D.    Perekonomian
Masyarakt Mesir kuno sebagian besar bermata pencarian bercocok tanam,mereka banyak yinggal di lembah sungai nil yang subur.Penduduk memanfaatkan sungai nil untuk mengairi tanah pertanian.Di sepanjang aliran sungai nil merupakan daerah pertanian yang baik.Jadi, masyarakat mesir kuno telah mengenal sistem irigasi yan=
\
 teratur dalam melakukan kegiatan bercocok tanam.Selain itu sungai nil juga di gunakan sebagai sarana lalu lintas perdagangan antara wilayah mesir hulu dan mesir hilir.
Selain bercocok tanam masyarakat mesir juga pedagang ,pangrajin ,pengusaha dan pekerja (buruh) Hasil kerajinan rakyat mesir kuno adalah  berupa tenunan kain lena ,permadani,dan alat alat rumah tangga dari tanah liat serta logam selain untuk memenuhi kebutuhan sehari hari hasil dari kerajinan tangan ini jug a di perjual belikan ke berbagai negara di sekitar laut tengah .



E.     Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi
a)      Masyarakat Mesir kuno yang hidup dari hasil bercocok tanam mempunyai banyak waktu untuk menamabah ilmu pengetahuan dan teknologi .Itulah sebabnya masyarakat mesir kuno telah memilki ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi.Hal ini bisa di buktikan nantara lain,adanya sistem pengawetan jenaza dengan berbagai obat dan rempah-rempah,penguburan dalam piramida dan mengenal ilmu hitung serta matematika dalam pembangunan bangunan bangunan besar.
b)      Askara
Bangsa mesir telah mengenal askara dengan huruf hieroglyph (huruf berupa gambar) batu tulis Rosette ditemukan oleh Napoleon Bonaparte (1797) ketika menduduki mesir Untuk mengungkap isi tulisan Hieroglyph tersebut Napoleon menyuruh sejarawan Perancis yang bernama Champollion .Hasil penelitian  Champollion selama 20 tahun dapat mengungkap sejarah Mesir Kuno sehingga menghasilkan perpustakaan Mesir Kuno yang ditulis diatas bahan Papyrus (tumbuhan air yang berada di tepi Sungai Nil). Untuk mengungkap isi tulisan Hieroglyph tersebut Napoleon menyuruh sejarawan Perancis yang bernama Champollion .Hasil penelitian  Champollion selama 20 tahun dapat mengungkap sejarah Mesir Kuno sehingga menghasilkan perpustakaan Mesir Kuno yang ditulis diatas bahan Papyrus (tumbuhan air yang berada di tepi Sungai Nil).
c)      Astronomi
Ilmu Astronomi (ilmu Bintang), yaitu : dengan mengamati siklus bintang Sirius atau Sothis  yang bertepatan dengan pasang naiknya air Sungai Nil. Hasilnya : mereka sudah mengenal kalender yaitu  setahun  terdiri dari 12 bulan, setiap bulan 30 hari, serta mereka juga mengenal adanya tahun kabisat .






F.      Siatem kepercayaan

Masyarakat mesir kuno percaya bahwa roh orsang ysng telah meninggal akan tetap hidup terus apabila jasadnya tidak rusak .Itulah di usahakan untuk mengawetkan jasad jasad orang orang yang telah meninggal , mayat yang di awetkan di sebut mumi dan bangunan untuk menyimpanmumi adalah mastaba.Masyrakat mesir jaga percaya dengan banyak dewa diantaranya:
1)      DewOsiris sebagai dewa tertinggi
2)      Dewa Ra sebagai dewa matahari
3)      Dewa Thot sebagai dewa pengetahuan
4)      Dewa Horus, anak Dewa Osiris
5)      Dewa Amon sebagai dewa bulan
6)      Dewa Anubis sebagai dewa kematian (berkepala anjing)
7)      Dewa Apis sebagai dewa berwujud sapi
8)      Dan masih banyak dewa lainnya

G.    Peninggalan kebudayaan

1)      Piramida yaitu bangunan yang terbuat dari batu yang disusun berbebtuk kerucut yang berfungsi untuk menyimpan mumm Arsitek terkenal pembuat piramida adalah Imhotep. Bangunan ini biasanya memiliki kamar bawah tanah, pekarangan dan kuil kecil di bagian luarnya. Piramida terbesar adalah makam raja Cheops, yang tingginya mencapai 137 meter di Gheza. Selain Cheops, di Gheza juga terdapat piramida Chefren dan Menkaure. Di Sakarah terdapat piramida firaun Joser. Selain piramida  ada tempat pemakaman yang lain di Mesir Berdasarkan penggalian di daerah El Badari ditemukan pemakaman yang disebut Hockerbestattung (Hocker artinya jongkok dan bestattung artinya pemakaman) karena orang yang meninggal dimasukkan dengan cara didudukkan menjongkok. Ada pula pemakaman yang disebut mastaba untuk golonganbangsawan.

2)      Mendinet Adalah jajaran candi candi kuno dan bekas bekas istana mesir yang tetap di biarkan apa adanya
3)      Obelisk adalah bangunaan bebentuk tugu yang terbuat dari batu granit yang bewarna dan berfunsi untuk menyembah dewa
4)      Mustaba adalah bangunan berbentuk tugu sebagai temapt menyimpan mummi raja
5)      Sphinx, adalah patung hewan-hewan mitologis yang bebadan singa dan bermuka manusia
6)      Kuil adalah bangunan yang sering di gunakan untuk memuja dewa misalnya n Kuil Karnak yang sangat indah pada masa Raja Thutmosis III yang di gunakanuntuk memuja dewa Ra dan ad kuil lain diantaraya: Kuil Edfu di Tebes,Kuil Amen di Luxor danKuil Abu Simbel yang dibangun Raja Ramses II.
7)      Patung kepala Neftretete pemainsuri iskandar
8)      Hieroglyph, adalah huruf bebrbebtuk gambar yang diukir pada batu. Hieroglyph ini menjadi dasar alphabet yang sekarang kita pakai.
9)      Batu Roseta yaitu batu bertulis yang ditemukan di tepi Sungai Roseta. Dalam batu ini terdapat tulisan Hieroglyp dan tulisan Yunani Kuno.
10)  Mummi adalah mayat yang telah di awetkan










Daftar Pustaka
Toynbee Arnoald.2007.Sejarah umah manusia.Yogyakarta: Pustaka belajar
Wahyudin.2007.SETS ( Science,Environment,Tecnology and Society).Jakarta : Araman delta
Daldjonoeni.N.Drs.1982.Geografi Kesejarahan I Peradaban dunia.Bandung: Alumni
Suparman .Drs.dkk.2003.IPS Sejarah.Solo: Tiga Serangkai
Agung Leo S,Dwi Ari L.2008.Sejarah.Surakarta:Mediatama
http://www.bangsamusnah.com/sugomulfiravun.html
ucu-syarief.blogspot.com























Tidak ada komentar:

Posting Komentar